Advertising Coca Cola Company



Landasan Teori
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Adapun tujuan promosi di antaranya adalah:
1.Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
2.Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit.
3.Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
4.Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar.
5.Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.
6.Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Sumber : wikipedia
Periklanan ( Advertising )
Periklanan atau advertising adalah semua bentuk terbayar atas presentasi nonpribadi dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas. Iklan bisa menjadi cara yang efektif dari segi biaya untuk mendistribusikan pesan, baik dengan tujuan membangun preferensi merek atau mendidik orang. Bahkan dalam lingkungan media yang penuh tantangan saat ini, iklan yang baik akan menghasilkan hasil yang memuaskan. (Philip Kotler dan Keller).
Advertising merupakan salah satu cara atau strategi perusahaan dalam mempromosikan produknya. Advertising termasuk ke dalam salah satu komponen promosi dalam bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion), dimana periklanan (advertising) merupakan komponen penting untuk mendukung penjualan produknya. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Secara mendasar kegiatan advertising dirumuskan sebagai pesan yang bersifat informatif yaitu memberikan adanya penawaran suatu barang atau jasa kepada masyarakat dan bersifat persuatif , yaitu membujuk atau mempengaruhi masyarakat supaya membeli barang atau jasa tersebut.
Beberapa ahli ikut menyumbangkan pendapatnya mengenai devinisi advertising. Teori Waren J keegan, Sandra E Moriarty, dan Thomas R Duncan (1995,564) menyatakan bahwa advertising adalah “Another function of advertising is to announce the activity or offer and intensify, excitemen about it.” Dari devinisi tersebut kita dapat ambil kesimpulan bahwa iklan medukung penjualan sebagian besar iklan ini berfungsi untuk menginformasikan kegiatan atau memberikan tawaran dan membuat kesan yang hebat tentang produk tersebut.
Menurut Belch dan Belch (2004:16):
“Advertising is defined as any paid form of nonpersonal communicattion about an organization, product, service, or idea by an identified sponsor.”
Artinya bahwa periklanan didefinisikan sebagai bentuk pengeluaran untuk komunikasi non personal mengenai organisasi, produk, layanan atau ide lain yang diidentifikasikan oleh sponsor. Berdasarkan pendapat ini dipahami bahwa advertising dinilai sebuah bentuk pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai komunikasi non personal untuk memberikan informasi mengenai organisasi, produk atau jasa melalui kegiatan pensponsoran. Advertising ini tidak hanya berlaku untuk perusahaan, namun juga instansi nirlaba maupun profesional, sebagaimana pendapat Kotler (1994:487): “The spender included not only business firms, but nonprofit organization, professionals, and social agencies that advertise their cause to various target public”. Artinya bahwa pengeluaran (untuk periklanan) tidak hanya untuk perusahaan yang berorientasi bisnis, tetapi juga organisasi nir laba, professional, dan agensi sosial yang mengiklankan mereka karena mempunyai target market yang bervariasi. Pendapat ini menunjukkan bahwa pada dasarnya advertising adalah aktivitas transformasi informasi sehingga bukan hanya perusahaan yang membutuhkan, namun juga berbagai instansi yang lain meskipun bukan perusahaan yang berorientasi laba.
Kegunaan Advertising
Menurut Belch dan Belch (2004:16), periklanan bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif dengan target audiens yang besar. Pendapat ini menunjukkan bahwa advertising berguna untuk mengkomunikasikan informasi kepada audiens. Belch & Belch (2004:16) juga menyatakan bahwa periklanan dapat digunakan untuk menciptakan brand image dan visualisasi dari merek perusahaan, mempunyai arti penting bagi perusahaan dalam menjual produk dan layanan yang sulit untuk dibedakan dengan merek lainnya. Berdasarkan pendapat ini, diketahui bahwa advertising berguna untuk memperkuat posisi sebuah merek yang tidak mempunyai diferensiasi tinggi diantara merek lainnya.
Melalui informasi yang dikemas dalam advertising maka pencitraan terhadap sebuah merek bisa dilakukan. Disamping itu, Belch & Belch (2004:18) juga menyatakan bahwa keuntungan lain dari periklanan adalah kemampuannya untuk menciptakan identitas pada konsumen ketika pembedaan pada elemen marketing mix sulit untuk dicapai. Pendapat ini menunjukkan bahwa advertising berguna untuk menciptakan respon positif pada konsumen ketika bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan sulit untuk dicapai.

Tujuan Advertising
Terdapat beberapa tujuan penting sehubungan dengan advertising yang dilakukan oleh perusahaan. Kotler (1994:490) menyatakan bahwa tujuan periklanan adalah pada tugas komunikasi khusus untuk menyampaikan (informasi) pada target market yang telah ditetapkan selama periode tertentu.
Lebih spesifik, Kotler (1994:467) menyatakan tujuan dari advertising, yaitu; periklanan bisa diklasifikasikan berdasarkan tujuannya, dimana tujuannya adalah pemberian informasi, persuasif, dan mengingatkan konsumen, penguat yaitu:
a. Pemberian informasi 
Menginformasikan keberadaan produk baru
Menjelaskan layanan yang disediakan
Mendorong penggunaan produk
Membenahi kesan yang salah atas produk
Menginformasikan perubahan harga
Meningkatkan keyakinan konsumen
Menginformasikan kinerja produk
Membangun image perusahaan
b. Persuasif 
Membangun preferensi merek
Mempengaruhi pengalihan pembelian dari pelanggan pesaing
Merubah persepsi terhadap atribut produk
Mempengaruhi konsumen untukmembeli segera
Membujuk konsumen mengikuti propaganda penjualan
c. Pengingat
Mengingatkan kebutuhan terhadap produk
Mempertahankan ingatan konsumen terhadap produk
Mengingatkan konsumen tempat pembelian produk
Mempertahankan kesadaran terhadap produk
Setiap kegiatan advertising mengandung tiga tujuan utama tersebut. Tiga tujuan ini merupakan satu kesatuan (integral) untuk mendukung penjualan yang ingin dicapai perusahaan.
Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, sampai saat ini televisi dianggap sebagai media yang efektif sebagai penghubung antara perusahaan dan konsumen dalam usaha menginformasikan sebuah produk. Berdasarkan pendapat ini bisa dipahami bahwa melalui pesan audio dan visual membuat media televisi menjadi lebih efektif dibandingkan media lainnya seperti media cetak (Koran, majalah, dan lainnya), dan namun tak lupa kami ingatkan pada era globalisasi seperti sekarang, perusahaan-perusahaan global juga menoleh Internet sebagai sarana untuk mengiklankan- bahkan menjual- produk mereka.










Profil Perusahaan
Coca Cola lahir di dalam laboratorium Dr. John Pemberton bulan mei 1886 di Atlanta, Georgia. Nama Coca Cola sendiri dibuat oleh Frank Robinson. Dan dipasarkan pertama kali dengan iklan dari spanduk dengan tulisan dari cat minyak bertuliskan “drink Coca Cola”. Walaupun sempat menyandang gelar “brand of the century”, Frank Robison sempat mengalami kerugian dalam penjualannya.  Formula Coca Cola lalu dibeli oleh Asa Chandler yang gencar melakukan promosi senhingga mengalami keuntungan besar. Coca cola semakin mendunia berkat penjualan kepada perusahaaan pembotolan independen dengan adanya lisensi ke negara lain dan hal ini dipertahankan sampai sekarang. Coca cola termasuk ke dalam sektor Consumer Goods, industry : Beverages-Staff Drinks. Dalam beverages drinks, dengan menempatkan diri (positioning) sebagai minuman menyegarkan penghilang dahaga.Produksi pertama Coca-Cola di Indonesia dimulai pada tahun 1932 di satu pabrik yang berlokasi di Jakarta. Produksi tahunan pada saat tersebut hanya sekitar 10.000 krat.Saat itu perusahaan baru memperkerjakan 25 karyawan dan mengoperasikan tiga buah kendaraan truk distribusi. Sejak saat itu hingga tahun 1980-an, berdiri 11 perusahaan independen di seluruh Indonesia guna memproduksi dan mendistribusikan produk-produk The Coca-Cola Company. Pada awal tahun 1990-an, beberapa diantara perusahaan-perusahaan tersebut mulai bergabung menjadi satu. Tepat pada tanggal 1 Januari 2000, sepuluh dari perusahaan-perusahaan tersebut bergabung dalam perusahaan-perusahaan yang kini dikenal sebagai Coca-Cola Bottling Indonesia. Saat ini, dengan jumlah karyawan sekitar 10.000 orang, jutaan krat produk kami didistribusikan dan dijual melalui lebih dari 400.000 gerai eceran yang tersebar di seluruh Indonesia.
Vision :
•People : Being a great place to work where people are inspired to be the best they can be.
•Planet : Being a Responsible a global citizen that makes a difference.
•Portofolio : Bringing to the world a portofolio of beverage brands that anticipate and satisty people desires and needs.
•Partners : Maximizing return to share owners while being mindful of out over all responsibilities.
Mission 
We will reinvigorate growth for our Company, and we will inspire our people. Likewise, our strategy is simple: We will accomplish our goals by building a portfolio of branded beverages, anchored in our icon, Coca-Cola, and by enabling superior market execution globally and locally - aligning and leveraging the power of our global network. We are guided by shared Values that we will live by as a company as individual.
•Leadership : “ the courage to shape a better future “
•Passion : “ Committed in heart and Mind “
•Integrity : “ Be Real “
•Accountability: “ IF it is the it is up to me “
•Collaboration : “ Leverage Collective Genius “
•Innovation : “ Seek, imagine, create “
•Quality : “ What We do, We do well “
Tujuan Perusahaan : Menjadikan perusahaan minuman bersoda no satu di dunia.
Analisis Periklanan Coca Cola  
Bisnis ini menggunakan berbagai macam kegiatan promosi, salah satunya adalah strategpromosi Coca-Cola Company adalah strategy Advertising (periklanan) menggunakan iklan sebagai sumber utama agar kesadaran konsumen meningkat terhadap produk. Media utama yang digunakan adalah media elektronik terutama televisi, radio dan media cetak. Ada banyak iklan televisi pada produk Coca-Cola. Sumber ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk perusahaan kepada audience. Iklan coca cola menonjolkan gaya hidup konsumen yang kreatif yaitu konsumen yang aktif melakukan kegiatan yang bersifat Having Fun. Iklan coca cola berusaha menyesuaikan produknya dengan konsumen yang aktif. Iklan ini menggunakan pendekatan dengan gaya hidup konsumen yang aktiif
Pada iklan coca cola ini terjadi pertukaran komunikasi antara sender dan receiver. Dalam iklan, terdapat beberapa tipe power relation seperti reward power, coercive power, legitimate power, expert power, dan referent power. Sender (pembuat iklan) pada iklan ini menggunakan gaya Reward Power yaitu membujuk receiver/konsumen untuk mencoba produk baru dari coca cola. Pembuat iklan menjanjikan suatu hadiah (reward) kepada calon pembeli yaitu satu botol bisa digunakan untuk berkumpul dengan ternan-teman atau sahabat. 
Selain itu, dalam kalimat ‘Rasakan hidup ala Coca-cola pembuat iklan membujuk pembaca untuk mencoba gaya hidup yang selalu dekat Coca cola, gaya hidup yang ceria dan bahagia. Dengan kata lain produsen menjanjikan adanya suatu kehidupan yang penuh keceriaan dan kebahagiaan ketika mereka meminum Coca cola. Untuk menarik konsumen dalam menggunakan produknya, iklan Coca cola menggunakan kalimat perintah dalam produknya. Kalimat perintah dalam produk tersebut dapat dilihat pada kalimat yang berbunyi: ‘Rasakan hidup ala Coca cola’, kalimat tersebut mengandung makna bahwa konsumen yang belum pernah minum Coca cola supaya mencoba minum Coca cola, setelah mencoba minum Coca cola konsumen akan merasakan perbedaan gaya hidup, hidup akan terasa lebih ceria, bahagia dan segala permasalahan akan mudah diatasi. Iklan ini juga menggunakan bahasa pujian. Pujian tersebut dapat dilihat pada slogan yang berbunyi ‘Teman Ngumpul’. Makna dari slogan tersebut adalah Coca cola yang hanya l liter bisa digunakan sebagai sarana berkumpulnya teman teman atau sahabat-sahabat, dan membuat suasana kumpul menjadi lebih ceria dan bahagia. Caption “Botol 1 liter bisa bikin ngumpul dan makin seru” didukung oleh iklan coca cola menampilkan beberapa orang pemuda yang tangannya sedang menempel dengan ekspresi wajah sedang tertawa. Caption “bikin ngumpul” sangatlah mendukung ikon beberapa orang remaja yang tangannya saling menempel yang mempunyai makna suatu persabatan. Caption “makin seru” didukung oleh ikon ekspresi wajah yang menyatakan suatu kebahagiaan dan keceriaan.
Ekspresi yang ada dalam iklan seperti ekspresi muka, tangan yang menempel, botol besar dengan butiran es serta ikon lainnya yang disampaikan coca cola membantu kita untuk memahami bahwa meminum coca cola memberikan kesan trendy dan ceria.  Iklan ini lebih dominan kepada komunitas kaum remaja yang memiliki gaya hidup trendy, ceria, dan senang berkumpul dengan teman-teman. kebiasaan para remaja yang senang kumpul-kumpul dengan teman-temannya kemudian dimanfaatkan oleh pembuat iklan untuk mempengaruhi mereka dengan mengatakan bahwa Coca cola adalah minuman yang akan membuat acara kumpul-kumpul mereka menjadi lebih menyenangkan. Mereka tidak akan memperdulikan bahwa pengkonsumsian yang berlebihan akan berpengaruh buruk pada kesehatan merekaBerlainan dengan para remaja, kelompok orang yang mungkin sudah lebih dewasa, yang tidak mempunyai cukup waktu untuk banyak berkumpul dengan teman-temannya serta mereka yang perduli pada dampak buruk terhadap apa-apa yang mereka konsumsi mungkin akan melihat iklan Coca cola bukanlah iklan yang baik. Caption yang menyatakan bahwa Coca cola adalah temannya ngumpul mungkin kurang begitu dapat menyentuh mereka karena kelompok kelas masyarakat tersebut sudah mempunyai pendapat yang berbeda. Bagi mereka yang sibuk mungkin berkumpul dengan teman-teman hanya akan membuang waktu saja, sedangkan bagi mereka yang sangat memperhatikan kesehatan mungkin akan melihat bahwa minuman Coca cola membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan.
Rekomendasi



Dari segi Iklan, Coca cola sudah menampilkan iklan yang sangat kreatif dan persuasif yaitu  dengan iklan  yang membujuk konsumen untuk mencoba gaya hidup yang selalu dekat Coca cola, gaya hidup yang ceria dan bahagia. Hal tersebut mengandung makna bahwa konsumen yang belum pernah minum Coca cola supaya mencoba minum Coca cola, setelah mencoba minum Coca cola konsumen akan merasakan perbedaan gaya hidup, hidup akan terasa lebih ceria, bahagia dan segala permasalahan akan mudah diatasi. Konsep iklan cenderung kepada komunitas kaum remaja.yang memiliki gaya hidup trendy, ceria, dan senang berkumpul dengan teman-teman. Untuk rekomendasinya coca cola sebaiknya melakukan pergeseran dengan mencoba konsep yang menampilkan iklan sekumpulan orang dewasa dan keluarga. Selain itu sebaiknya Coca cola memasang iklan di internet karena penggunaan internet telah meningkat.
Dari sisi produk, Coca cola sebaiknya melakukan pengembangan produk baru jenis makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar