Pemasaran Global




Bersaing dengan Android, Nokia Rekrut Pecinta Vespa 
di China


Analisis Kasus
Pertanyaan 1
Lakukan mini riset mengenai aplikasi sosial media let's powwow. Dimulai dengan apakah itu, benefit yang didapatkan bagi pengguna, serta ciri khas yang menjadi pembeda dengan aplikasi sosial media lainnya, terlebih karena aplikasi ini hanya terdapat secara lokal di Cina.
Analisis
Let's Powwow adalah layanan sosial media berbasis lokasi yang unik (LBS), jaringan sosial, dan kelompok pembeli atau penawaran situs melalui pencarian mesin yang terintegrasi dengan jaringan sosial pengguna. Let's Powwow memiliki informasi dan katalog jutaan restoran, klub dan konsumen bisnis lainnya yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Layanan yang diberikan Let's Powwow menganalisis kebutuhan pribadi pengguna, preferensi dan menyediakan informasi yang relevan serta penawaran yang khusus untuk lokasi Anda.Pendiri dari Let's Powwow adalah China, Italia, dan Amerika Serikat.
Let's Powwow menekankan kepada aspek sosial dari applikasi untuk pengguna.Kami melakukan ini dengan mendorong mereka untuk berbagi pikiran, perasaan dan ide-ide tentang lingkungan mereka. 
Let's Powwow memiliki sistem untuk mengintegrasikan fitur dan tekhnologi. Let's Powwow praktis, tidak hanya untuk pengguna aplikasi. Tetapi juga bagi pelanggan Let's Powwow seperti restoran, toko, bar dan lainnya.
Penawaran yang diberikan Let's Powwow bertujuan untuk mengidentifikasi target pelanggan, tempat dan mengembangkan promosi yang menarik bagi pelanggan. Kami ingin setiap pengguna menjadi influencer sosial untuk lingkungan mereka,  sehingga bisa saling menghargai mereka. Selain itu Let's Powwow menerapkan mekanika game yang mendorong perilaku kelompok.
Keuntungan Let's Powwow bagi pengguna adalah pengguna dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat mengenai tempat-tempat seperti restoran, klub, bar dan lain sebagainya yang tersedia pada Let's Powwow. Selain itu, aktivitas checkin yang ada pada Let's Powwow dapat menunjukkan lokasi rekan-rekan pengguna dan pengguna jika dia menginginkan rekan-rekannya melihat dia.
Ciri khas yang menjadi pembeda Let's Powwow adalah sosial media ini berfokus pada tempat dan mampu melacak pengguna yang sering mengunjungi tempat yang ditawarkan, menyukai tempat itu. Let's Powwow dapat mengidentifikasi pengguna sebagai influencer sosial. Let's Powwow dapat menargetkan para pengguna melalui pemberian hadiah yang lebih banyak jika mereka membawa teman-teman lainnya ke tempat yang mereka kunjungi. Misalnya dengan mengatakan: ". Bawalah tiga teman untuk menikmati makan siang kami khusus dan Anda makan gratis".
Let's Powwow memiliki sistem pelacakan yang memungkinkan melihat tren dan data untuk melihat apakah promosi suatu usaha bisnis diterima dengan baik.
Pertanyaan 2
Untuk memenangkan persaingan di pasar Cina seperti dengan Android dan iPhone, Nokia bekerjasama dengan Let's Powwow untuk dapat meraih pangsa pasar. Apakah menurut saudara Strategi yang dijalankan Nokia ini sudah tepat? Jika dikaitkan dengan teori, market entry strategy yang bagaimana yang dijalankan oleh Nokia dalam memasuki pasar Cina?
Analisis
Strategi yang dijalankan oleh Nokia dengan menggandeng Let's Powwow sudah tepat, karena Let's Powwow merupakan aplikasi sosial media yang besar di Cina. Let's Powwow memiliki ciri khas tersendiri yaitu memberikan informasi secara online tentang aktivitas pengguna dan menunjukkan lokasi dimana pengguna sedang berada, sehingga rekan-rekan pengguna juga mengetahui dimana mereka berada dan mereka dapat saling bertukar informasi mengenai tempat-tempat yang informasinya disediakan oleh Let's Powwow. Lets Powwow memiliki jutaan katalog seperti restoran, bar, toko-toko dan lain sebagainya yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Media ini mendapat perhatian luar biasa dari masyarakat Cina, Lets Powwow sudah memiliki satu juta pengguna media online ini, hal ini merupakan suatu apresiasi yang luar biasa dan bukti informasi bahwa Lets Powwow diterima di Cina. (sumber: www.techinasia.com/letspowwow-interview) Berdasarkan hal tersebut, nokia yang meluncurkan Lumia 800 dan Lumia 610 di Cina sudah tepat sekali bekerja sama dengan Lets Powwow, karena aplikasi Lets Powwow menjadi aplikasi berbasis windows phone sebagai piranti lunak pengantar Lumia milik Nokia. Lets Powwow sendiri mendapat banyak perhatian dan relevan secara lokal di Cina, sehingga dengan menggandeng Lets Powwow juga akan mendongkrak penjualan seri Lumia milik Nokia di Cina.
Jika dikaitkan dengan teori, market entry strategy yang bagaimana yang dijalankan oleh Nokia dalam memasuki pasar Cina?  
Ada beberapa Global Market Entry Strategi yaitu : Licensing, Investment dan Strategic Alliances. Dalam memasuki pasar Cina, Nokia menjalankan Strategi Aliansi, aliansi biasanya muncul ketika perusahaan mempunyai sumberdaya yang mampu memberi nilai agar dapat masuk ke bisnis baru, tetapi perusahaan membutuhkan aset dari perusahaan lain agar perusahaan dapat secara efektif menciptakan sumberdaya tersebut sebagai keunggulan kompetitifAliansi strategis adalah hubungan formal antara dua atau lebih kelompok untuk mencapai satu tujuan yang disepakati bersama ataupun memenuhi bisnis kritis tertentu yang dibutuhkan masing-masing organisasi secara independen. Aliansi strategis pada umumnya terjadi pada rentang waktu tertentu, selain itu pihak yang melakukan aliansi bukanlah pesaing langsung, namun memiliki kesamaan produk atau layanan yang ditujukan untuk target yang sama. Dengan melakukan aliansi, maka pihak-pihak yang terkait haruslah menghasilkan sesuatu yang lebih baik melalui sebuah transaksi. Rekanan dalam aliansi dapat memberikan peran dalam aliansi strategis dengan sumberdaya seperti produk, saluran distribusi, kapabilitas manifaktur, pendanaan projek, pengetahuan, keahlian ataupun kekayaan intelektual. Dengan aliansi maka terjadi kooperasi atau kolaborasi dengan tujuan muncul sinergi. Dengan aliansi, perusahaan dapat saling berbagi kemampuan transfer teknologi, risiko, dan pendanaan. Aliansi strategis terkait pula dengan konsep seperti koalisi internasional, jaringan strategis, joint venture. (sumber:blogelytekonomi.blogspot.com/2009/06/aliansi strategis). Dalam kasus ini, Nokia melakukan hubungan kerja sama dengan Lets Powwow. Lets Powwow memberikan kontribusi dalam bidang teknologi untuk mendukung aplikasi windows phone yang digunakan oleh Nokia. Di Cina Lets Powwow merupakan aplikasi sosial media yang besar dan mendapat banyak perhatian penduduk cina, sehingga dengan bekerjasama dengan Lets Powwow terjadi kooperasi dan kolaborasi dengan tujuan munculnya sinergi. Strategi ini diharapkan dapat memberikan keuntungan yang besar bagi kedua belah pihak, yaitu Nokia bisa mendongkarak penjualan Lumia nya di Cina, dan Lets Powwow juga semakin melebarkan sayapnya ke seluruh penjuru Cina, menjadi aplikasi sosial media terbesar di Cina khususnya dan sekaligus dikenal di luar Cina atau di dunia.
Pertanyaan 3 
Disebutkan dalam bacaan di atas bahwa Apple mengalami kesulitan dalam bernegosiasi dengan peraturan China Mobile, provider terbesar di Cina. Kendala apa yang dihadapi oleh Apple? Apakah ini menjadi salah satu penghalang bagi masuknya Apple ke Cina? Strategi yang bagaimana sebaiknya yang harus dijalankan Apple agar dapat memasuki pasar Cina, khususnya jika dikaitkan dengan kendala ini.
Analisis
Ada beberapa kendala yang dihadapi Apple dalam memasuki pasar Cina, diantaranya yaitu: terkait kesepakatan pembagian revenue ternyata tidak menemukan titik terang. Menurut pihak regulator, China Mobile Ltd. tidak setuju dengan permintaan Apple, yaitu pembagian revenue sebesar 20% hingga 30% dari fee setiap pengguna China Mobile yang menggunakan iPhone. 
sumber:http://cybertech.cbn.net.id/cbprtl/cybertech/detail.aspx?x=tech+info&y=cybertech|0|0|2|7415. Selanjutnya disebabkan karena permasalahan merek dagang Apple, Merek dagang Apple bukannya tidak terdaftar di Cina, tetapi merek dagang Apple hanya sebatas produk software dan hardware komputer, sesuai dengan apa yang didaftarkan perusahaan paman Sam itu pada tahun 2002. Produk ponsel tidak tercakup dalam pendaftaran tersebut. Karena tidak terdaftar sebagai pemegang merek, hal ini menjadi kendala bagi Apple untuk memasarkan iPhone besutannya secara resmi di Cina. Di Cina merek dagang iPhone adalah milik Hanwang Technology. Hanwang Technology – yang juga dikenal sebagai Hanvon – bukanlah nama tak dikenal di Cina. Hanwang adalah pembuat perangkat elektronik dan sistem pengenalan tulisan tangan (handwriting recognition) Cina. Di Cina, kendati belum resmi dipasarkan oleh Apple, iPhone sudah sangat populer. Ada lebih dari 1 juta unit iPhone terjual di sana
sumber:http://tekno.kompas.com/read/2009/07/03/11355968/apple.bingung.merek.dagang.iphone.dipakai.pihak.lain.
Dalam hal merek dagang ini, merek dagang Apple khususnya iPhone memiliki kemiripan dengan produk-produk Cina, sehingga pemerintah Cina lebih mendahulukan merek dagang negara mereka sendiri.
Strategi yang sebaiknya dijalankan Apple agar dapat memasuki Cina adalah Apple menjalin kerjasama dengan provider besar juga di Cina yaitu China Unicom.
Berkaitan dengan merek dagang, Apple sebaiknya melakukan negosiasi dengan Hanwang untuk mencapai kesepakatan dengan Hanwang, untuk meminta kantor merek dagang tersebut mencabut merek dagang yang dipegang oleh Hanwang. Sehingga Apple bisa masuk dengan mudah ke Cina.

Dampak Faktor Budaya pada Perilaku pembelian Konsumen melalui Sebuah studi Impirical 
Penelitian ini menyelidiki bagaimana faktor budaya mempengaruhi perilaku konsumen di Turki dengan partisipa1286 orang di provinsi-provinsi melalui wawancara. Data yang diperoleh diinterpretasikan secara kuantitatif. 
1.Pendahuluan
Proses konsumsi manusia yang telah disajikan dari awal, pada awalnya merupakan kegiatan yang harus dipenuhi untuk kebutuhan hidup, sedangkan hari ini telah menjadi tujuan hidup. Saat ini, konsumsi tidak lebih dari proses kebutuhan konsumen tetapi,proses keinginan konsumen sesuai dengan perkembangan. Konsep fokus pelanggan, loyalitas pelanggan dalam pemasaran modern membutuhkan audience dan pengakuan audience dari setiap bagian. oleh karena itu dalam pemasaran, perilaku konsumen menjadi perlu dalam
rangka menentukan pengaruh mereka untuk memeriksa faktor-faktor yang tetap. Berdasarkan studi, bagaimana konsep seperti budaya, sub-sub budaya dan kelas sosial, mempengaruhi perilaku membeli konsumen telah dilakukan penyelidikan.

2.Konsumen dan Pentingnya Perilaku Cosumen dalam Pemasaran 
Konsumen adalah orang yang menginginkan, membutuhkan dan memerlukan komponen pemasaran dalam kapasitasnya sebagai buyer. Pemasar didefinisikan memiliki kemampuan untuk mengontrol perilaku pelanggan, tetapi sebenarnya
mereka tidak memiliki kekuasaan puncak. Marketer dapat mempengaruhi perilaku pembelian mereka, tetapi tidak mengontrol. Karena beberapa individu dan bukan individu yang mempengaruhi perilaku konsumen. Motif, persepsi, sikap, pengalaman, konsep diri, nilai-nilai dapat dianggap sebagai faktor individu. Dan bukan faktor individu
bisa seperti profesi, budaya, keluarga, kelompok kepentingan.

3. Faktor-faktor budaya terhadap Pengaruh Perilaku Konsumen
3.1. Budaya
Budaya adalah kompleks kepercayaan dari masyarakat manusia, peran mereka, perilaku mereka, nilai, kebiasaan, adat dan tradisi. Kebudayaan merupakan konsep yang sangat penting untuk memahami dan memeriksa perilaku konsumenBudaya adalah jumlah dari tujuan bersama di antara anggota masyarakat, adat, norma dan tradisi. Alasan dasar dari keinginan seseorang atau penentuan keinginan seseorang adalah budaya
3.1.1. Fitur Budaya
Manusia harus mengetahui karakteristik budaya untuk mengidentifikasi bagaimana budaya mempengaruhi perilaku konsumen. Meskipun dalam literatur banyak aspek budaya disebutkan, dalam penelitian ini pemakai budaya yang berhubungan dengan fitur budaya akan dibahas. Konsumsi budaya yang berhubungan dengan fitur dapat dilihat sebagai berikut:
Budaya adalah kumpulan dari perilaku belajar
• Budaya adalah tradisional
• Budaya dapat dibuat
• Budaya dapat diubah
• Kebudayaan mencakup perbedaan sebagai persamaan
• Budaya adalah organisasi dan konvergensi
• Budaya dibagi oleh anggota masyarakat
• Budaya menentukan kebutuhan

Perbedaan budaya di kalangan konsumen di dalam negeri, dibandingkan dengan konsumen di luar negeri biasanya kurang. Perbedaan budaya tentang perilaku konsumen antar negara diam-diam besar .
3.1.2. Pengaruh budaya terhadap perilaku konsumen
Pemasar internasional percaya bahwa konsumen akan semakin mirip satu sama lain bahwa mereka akan makan makanan yang sama, memakai pakaian yang sama, menonton program televisi yang sama untuk meningkatkan proporsi. Namun
kenyataannya sangat berbeda. Oleh karena itu, untuk perdagangan di pasar internasional, manusia harus mengatasi budaya yang luas dan batas-batas ekonomi. Tidak hanya meningkatkan kompetisi di seluruh dunia tetapi juga di pasar tradisional, yang berbeda kepercayaan, preferensi, kebiasaan, adat yang dibuthkan agar menjadi mengerti. Budaya melibatkan pikiran masyarakat, kata-kata, tradisi, bahasa, materi, sikap dan perasaan. Salah satu elemen yang membuat budaya adalah keyakinan. Keyakinan orang-orang dalam suatu komunitas dapat menunjukkan kesamaan. Sebagai contohempat, dan empat kali di Jepang dipandang sebagai ketidakberuntungan, karena itu produk yang paling laku dijual di kelompok lima. Elemen lain dari budaya, tradisiyaitu berkaitan dengan non-verbal perilaku individu. Di Perancis pria menggunakan lebih banyak produk kosmetik dari wanita, yang menunjukkan tradisi 
Akibatnya, mempelajari sifat budaya dalam analisis perilaku konsumen telah menjadi variabel penting dalam pemasaran, terutama dalam segmentasi pasar, target pasar dan positioning produk.

1,2 Sub Budaya
Konsep penting lainnya harus diperiksa dalam hal isbudaya manajemen pemasaran. bagian budaya dan kesamaan nilai perilaku individu yang membentuk kelompok kecil yang disebut sub-budaya.

3.2.1. Efek sub-budaya dari Perilaku Konsumen
Wilayah geografis dan agama sangat penting dalam pembentukan sub-budaya. Preferensi individu yang tinggal sangat dekat satu sama lain dapat berbeda. Kepemilikkan individu memiliki nilai subkultur yang berbeda, sikap dan struktur sosial dari anggota sub-budaya berbeda, segmentasi sub budaya berbeda dari aktivitas pasar dan menghasilkan variable penting. Hal itu penting untuk mengetahui karakteristik sub budaya dalam menciptakan harga bauran pemasaran, identifikasi nama merek, kegiatan promosi
dan posisi produk.
3.3 Kelas Sosial
Kelompok sosial, tidak ditunjukkan pada proses formal, tapi sama dengan menunjukkan gaya hidup orang-orang dalam kelompok yang sama yang dibentuk oleh
individu. Ada beberapa fitur dari kelas sosial. Pertama, perilaku anggota dari kelas sosial
struktur, tingkat pendidikan, sikap, nilai dan gaya komunikasi yang serupa, dan karakteristik ini berbeda dari anggota kelas sosial lainnya.
Kedua, status individu ditentukan berdasarkan kelompok mereka. Ketiga, kelas sosial ditentukan tidak hanya dengan satu variabel, tetapi juga oleh variabel lain seperti pendidikan, pendapatan, tempat tinggal, kegiatan dan nilai-nilai.

1.2.1 Pengaruh kelas sosial dalam Perilaku Konsumen
Kelas sosial adalah kelompok yang dibagi dengan nilai, kepentingan dan perilaku yang sama, bahwa mereka relatif homogen dan terus menerus. Kelas sosial menyatakan preferensi dalam pakaian, gambarperalatan rumah tangga, hiburan dan aktivitas gaming, seperti mobil dan produk dan merek tertentu. Beberapa pemasar memfokuskan usaha mereka pada satu kelas sosial. Kelas sosial juga berbeda dalam memilih media. Konsumen kelas atas lebih memilih buku dan majalah, sementara sub kelas konsumen memilih televisi. Program tv yang dipilih konsumen kelas atas lebih memilih berita dan drama, tapi konsumen kelas bawah memilih film dan program olahraga. Ada juga perbedaan bahasa antara kelas sosial. Perusahaan periklanan harus mempersiapkan bahasa seperti apa yang dituturkan pada kelas sosial tersebut. Oleh karena itu, pemasar harus memiliki daya penarik saluran komunikasi dan gaya komunikasi berdasarkan kelas sosial.

4.Application
4.1. Tujuan dan Lingkup penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah dengan memberikan gambaran untuk para pengelola yang mendirikan dan akan mendirikan bisnis terutama untuk bagian pemasaran, yang menyediakan pembangunan untuk negara dan mengarah pada konsumen yang dikenal oleh merekabarang-barang berkualitas lebih baik, penyampaian jasa dan idePada tahun 1950-an, konsep pemasaran kontemporer bisnis. Berorientasi konsumen. Apa, kapan, dimana dan berapa harganya dan apa keinginan konsumen, ini adalah pertanyaan pertama yang diajukan sekitar empat puluh tahun lalu. Dengan kata lain, mengenal orang menjadi lebih penting. 
4.2. Metode dan Sampel
Dalam penelitian ini sebagai metode pengumpulan data yaitu angket yang diminati untuk memperoleh data yang obyektif dan untuk diinterpretasikan.
urutan pertama, orang itu adalah sumber atau orang pertama. Kuesioner telah disiapkan sesuai dengan funnel technique, itu berarti dari umum ke khusus. Asumsi teknik ini, khusus pertanyaan yang ditanyakan pada tempat pertama untuk survei, mereka akan mungkin dihindari. Data penelitian berdasarkan sampling kelompok dari Gaziantep, Samsun, Sinop, Konya, Manisa, dan propinsi Adiyaman, terdiri dari pertanyaan pilihan ganda untuk kuesioner.

4.3. Batasan Penyelidikan
Dalam survei itu, diambil tujuh daerah di negara kita dan masing-masing daerah mengambil sampling beberapa kota melalui survei yang dijadikan penetapan target, masalah keuangan dan massa utama merupakan lebar batasan penelitian.

4.4. Hasil Analisis dan Interpretasi
Data yang diperoleh dianalisis melalui program frekuensi dan hasil yang bisa diinterpretasikan menurut metode ini.
1) Apakah Anda umumnya ingin belanja?
Pertanyaan ini bermaksud untuk mendeteksi tingkat belanja konsumen. Seperti ditunjukkan pada Tabel 1 dan figure, 1286 orang menanggapi pertanyaan ini, 537 orang(41,8%) telah menikmati belanja terlalu banyak, 316 orang (24,6%) banyak, 274 orang (21,3%) kurang sedangkan, 111 orang (8,6%) tidak suka, dan 48 orang (3,7%) menyatakan mereka tidak ingin seperti semuanya. Berdasarkan data ini, bisa dikatakan bahwa sebagian besar mereka yang disurvei menikmati belanja.
2) Siapa yang umumnya melakukan belanja?
Kami melakukan penyelidikan dengan pertanyaan ini bagi yang umumnya berbelanja. Jumlah survei yang menjawab: bapak jumlahnya 331 (25,8%) orang, semua keluarga mereka 283 (22.1), orang tua dengan skor 304 (23,7), ibu 168 (13.1) 33 anak (2,6), dan lain-lain  terdiri dari 162 (12.6) orang. Berdasarkan hasil tersebut, bapak-bapak mengambil tempat pertama, bahwa bapak-bapak melakukan
shopping exchange dari bapak-bapak di Adiyaman seperti di wilayahtimur. 
3. Persetujuan dari lingkungan sendiri atau teman adalah hal yang paling penting bagi barang dan jasa yang akan diambil.
Tujuan dari pertanyaan ini adalah mempelajari betapa pentingnya lingkungan dan teman dalam membeli barang dan jasa dari responden. Seperti terlihat pada tabel dan figur 3, untuk 440 orang (34,5%) lingkungan dan teman-teman mereka adalah kriteria yang paling penting dalam membeli barang dan jasa, 393 orang (30,8%) tampaknya menikmati
itu, 226 orang (17,7%) tampaknya tidak menikmati dan 189 orang (14,8%) tidak pernah menikmati itu. Berdasarkan hasil ini, dapat dikatakan bahwa mayoritas tidak percaya bahwa faktor yang paling penting dalam membeli barang dan jasa adalah lingkungan dan teman. Harus diterima bahwa proses konsumsi menjadi semakin menarik bagi permintaan individu, dan segmen pasar yang semakin kecil menjadi indikatornya.
4. Kesesuaian  antara budaya, kepercayaan, tradisi, kebiasaan adalah faktor yang paling penting dalam penggunaan barang jasa.
Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah budaya, kepercayaan dan tradisi adalah kriteria yang paling penting pada saat survey responden dalam membeli barang dan jasa. Dalam tabel dan figur 4 menunjukkan, 569 orang (44,6%) kepercayaan
budaya dan tradisi merupakan kriteria yang paling penting dalam membeli barang dan jasa. Selanjutnya 539 orang (42,2%) adalah kriteria yang paling penting ketika anda mengatakan ya, 101 orang (7,9%) tidak, 41 orang (3,2%). Berdasarkan hasil taht dapat dikatakan bahwa untuk sebagian besar survei responden (sekitar 86%), kepercayaan, budaya dan tradisia dalah faktor yang paling penting. 
5. kesimpulan
Dalam dunia yang kompetitif dan global pentinya konsumen dan pengakuan konsumen sebagai titik fokus pemasaran modern. Dalam kuesioner telah disiapkan dan hasilnya ditafsirkan menurut teknik Saluran, dari umum ke khusus. Survei terhadap 1286 orang (sekitar 861%) umumnya melaporkan bahwa mereka menikmati belanja. Bisnis dapat membawa mereka ke sisi peningkatan kepuasan konsumen. Hal ini di mungkinkan dengan mengetahui keinginan konsumenDari 434 polling mengatakan bahwa mereka melakukan belanja dari supermarket (33), yang mana merupakan tempat pertama. Beberapa alasan mengapa banyak memilih supermarket adalah:
1) Harga lebih murah
2) Mereka nyaman di musim panas, hangatmusim dingin.
3) Ada kesempatan kredit (dibandingkan dengan Grocery)
4) Menyediakan ruang parkir mobil dan area bermain untuk anak-anak 
5) Ada precense dari banyak jenis.
6) Mereka memperhatikan tanggal kadaluarsa dan kesegaran produk
Hal ini menunjukkan bahwa konsumen saat ini lebih suka tempat yang memuaskan mereka dalam setiap aspek. Seperti di timur, berdasarkan penelitian di kota-kota kita, para bapak-bapak tampaknya lebih efektif mengambil tempat pertama dalam berbelanja
(25,8%)Kami melihat perubahan situasi di barat. Di barat umumnya berbelanja dengan keluarga, lokasi di sini adalah tempat kedua. Tetapi memungkin terjadi perubahan dari hari ke hari. Responden mengatakan bahwa mereka membandingkan lebih (seperti harus) barang mahal (82% dari mereka) ketika membeli barang itu.
Hal itu menunjukkan perkembangan kesadaran dalam hal konsumsi, yang membuat manusia senangObservasi wee mengamati bahwa mereka tidak dapat membeli produk yang tidak dibutuhkan di rumah merekakarena kurangnya pendapatan, karena sebagian besar (82%) mendapat di bawah 1000 TL sebagai pendapatan bulanan mereka.
Berdasarkan survei dari faktor budaya yang mempengaruhi pembelian, untuk
memahami jawaban atas pertanyaan yang diajukan berdasarkan persentase lebih besar ditentukan sebagai berikut. 
Dalam pembelian barang dan jasa, budaya, keyakinan dan tradisi mengambil posisi penting(86,8%), sedangkan lingkungan, teman dan kelompok sosial lain 48,6%. Dalam hal ini dampak dari faktor budaya berarti tinggi. 
Sebagian besar responden adalah (51,3%) telah lulus dari SMA, remaja (18-25 tahun), menikah (58,6%) dan pria (69%). Jika bisnis mendahulukan kepentingan pelanggan dan konsumen, pemenuhan keinginan pelanggan, dapat dikatakan bahwa hal itu dapat menghindari pelanggan pergi ke pesaing mereka.




Kasus 1 : AS, Uni Eropa kirim sengketa subsidi untuk organisasi perdagangan dunia.
1. Di satu sisi peran WTO di dunia perdagangan internasional semakin signifikan. Di sisi lain putusan kedua perusahaan penerbangan itu sepertinya tidak menyelesaikan masalah. Diskusikan, kenapa bisa begitu?
Jawaban : WTO memang memiliki power dan pengaruh terhadap perdagangan di dunia yang sering terjadi komplik. Pada soal dijelaskan bahwa kasus Boeing vs Airbus mirip dengan kasus Embraer Brazil dan Bombardier Kanada. Kedua negara juga saling melapor kepada WTO walaupun kedua negara (Kanada dan Brazil) diputus bersalah oleh WTO tapi negara dari perusahaan tersebut tetap memberikan subsidi kepada mereka. Hal ini mungkin terjadi karena Embraer dan Bombardier memproduksi pesawat Z. Karena Z tersebut merupakan alat yang vital dalam pertahanan di negara mereka masing – masing, maka pemerintah berkepentingan dalam mensubsidi perusahaan tersebut. Hal inilah yang menjadi ketakutan tersendiri dari WTO, karena adanya tekanan politik dari kedua negara. Keputusan WTO yang memutuskan kedua pihak bersalah, adalah tepat, karena hal tersebut sebenarnya adalah perbuatan curang, karena perusahaan mendapat modal dari pemerintah.
2. Kenapa kasus kedua perusahaan tersebut menjadi menyambung atau memperpanjang ke pemerintahan?
Jawaban : Karena dalam kasus ini ditemukan informasi bahwa kedua negara yaitu Amerika dan Uni Eropa memberikan bantuan kepada perusahaan penerbangan mereka seperti : Uni Eropa memberikan bantuan untuk Airbus sehingga Airbus mendapat manfaat dari dukungan tersebut selain itu Airbus juga harus membayar kembali bantuan yang diberikan pemerintah. Sementara itu perusahaan Boeing bantuan dari pemerintah federal dan negara bagian Amerika. 
3. Isu apa yang harus dipertimbangkan oleh WTO sebelum mengambil keputusan? Bagaimana sebaiknya WTO membuat keputusan atau keputusan apa yang sebaiknya diambil oleh WTO (mengenai perselisihan kedua perusahaan tersebut?
Jawaban :  isu yang harus dipertimbangkan oleh WTO adalah WTO harus menentukkan bagaimana yang melanggar aturan sehingga WTO harus membuat keputusan. WTO harus lebih tegas, jangan sampai terpengaruh tekanan dan interversi dari pihak luar dikarenakan WTO menaungi negara yang membutuhkan keadilan sehingga dapat berbisnis secara sehat bukan hanya menguntungkan satu atau dua pihak.

Kasus II : Carrefour Keluar Dari Jepang
1. Mengapa Carrefour mengundurkan diri dari Jepang? Berikan dasar jawaban anda berdasarkan pemasaran global dan pentingnya memahami budaya lokal?
Jawaban : Karena sebagian dari penduduk Jepang tidak menyukai nuansa yang digunakan oleh Carrefour nuansa Eropa, tetapi ada juga sebagian yang menyukai nuansa Eropa tersebut. Dan Carrefour gagal dalam hal mengatasi pengeluaran konsumen miskin dan resesi Jepang.
Berarti dalam hal ini Carrefour belum mengacu pada budaya setempat, sehingga menjadi pembatas antara kelompok yang berbeda. Dalam hal ini Carrefour memahami budaya yang terdiri dari respon yang dipelajari pada situasi yang ada. Carrefour seharusnya mempelajari selera dan preferensi produk yang akan dijual misalnya : makanan dan minuman yang dikonsumsi dinegara tersebut, karena dengan memahami budaya akan diperoleh informasi mengenai prilaku dan sikap konsumen di negara tersebut. Pemahaman mengenai budaya akan diketahui budaya yang berlaku dinegara tersebut yang memunculkan modus tingkah laku yang ada dalam setiap budaya yang ada, sehingga menunjukkan peluang bagi pemasaran global untuk menstandarlisasikan beberapa atau seluruh element program pemasaran.
2. Jenis strategi apa yang harus dilakukan oleh Carrefour jika perusahaan ingin meraih sukses dalam memasuki pasar Jepang? Jelaskan!
Jawaban : Dengan cara mengubah nuansa Carrefour yang bernuansakan Eropa dan menyesuaikan dengan keadaan atau kebudayaan di Jepang. Sehingga dapat menarik konsumen Jepang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar